SMP Terpadu Ponpes Nurul Huda Tanah Merah: Membangun Generasi Unggul Melalui Program Unggulan

BELITANG MADANG RAYA – Kiprah SMP Terpadu Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Huda Tanah Merah, Kecamatan Belitang Madang Raya Kabupaten OKU Timur kian membanggakan. Lembaga pendidikan yang digawangi Tahrir Fauzi, SH.I ini kini terus berbenah untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Bentuk nyata yang dilakukan SMP Terpadu Ponpes Nurul Huda Tanah Merah bagi peserta didik adalah melaksanakan program unggulan. Tujuanya untuk meningkatkan kualitas lulusan yang cerdas dan berakhlakulkarimah.

Menariknya, sekolah ini menonjolkan integrasi kurikulum pondok pesantren dan kurikulum pendidikan nasional.

“Kami menjadi sekolah terpadu yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan keagamaan. Ini merupakan suatu pendekatan yang tidak umum diadopsi oleh sekolah lain. Dimana secara proses untuk menciptakan pembelajaran yang terpadu dan terintegrasi,” papar Kepala SMP Terpadu Ponpes Nurul Huda Tanah Merah, Tahrir Fauzi saat dibincangi akhir pekan lalu.

Ia mengatakan, salah satu fokus utama sekolah ini ialah memfasilitasi bakat dan minat peserta didik. Khususnya dalam olimpiade olahraga dan keagamaan. Tahrir dengan bangga menyampaikan prestasi siswa, termasuk juara 2 MTQ kabupaten di bidang syarhil dan fahmil.

SMP Terpadu Ponpes Nurul Huda Tanah Merah, bukan sekadar sekolah biasa melainkan sebagai sekolah penggerak angkatan pertama. “SMP Nurul Huda 2 menjadi satu-satunya sekolah swasta tingkat SMP yang menjadi sekolah penggerak di Kabupaten OKU Timur, sebuah pencapaian yang luar biasa,” terang Tahrir.

Tak hanya itu, sekolah ini juga menghadirkan program inovatif seperti ‘Kombel’ (Komunitas Belajar, red). Dimana guru dapat saling memberikan umpan balik dan melakukan simulasi mengajar. Program ini bertujuan untuk merubah mindset guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi. Dan juga kata dia, untuk meningkatkan kesiapan guru saat menghadapi kelas.

Masih kata Syahril, program unggulan lainnya adalah “P5” (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, red), yang mengkolaborasikan pengetahuan dan pengalaman peserta didik.

Contohnya seperti tema Kewirausahaan dengan proyek “Makanan Sehat Bergizi Bernilai Ekonomis”, dimana peserta didik tidak hanya belajar konsep kewirausahaan tetapi juga merencanakan, melaksanakan, dan mengelola laba-rugi.

Dalam program ini SMP Terpadu Ponpes Nurul Huda Tanah Merah juga memasukkan unsur spiritual dengan memasukkan “Do’a Pagi” sebagai program unggulan. Program ini dilakukan bersama-sama oleh guru dan siswa dengan tujuan menertibkan para siswa sebelum memasuki kelas.

Tahrir menambahkan, guna terus meningkatkan program pendidikan yang dilaksanakan, SMP Terpadu Ponpes Nurul Huda Tanah Merah akan melibatkan pihak eksternal.

“Ini bisa dilihat dari implementasi program P5 yang mengangkat tema Bangunlah Jiwa Raga dengan proyek “Menghasilkan Senam Kreasi”. Dimana kami mengundang narasumber atau instruktur senam OKU Timur. Semua ini dilakukan untuk memberikan dampak positif bagi siswa dan guru,” imbuhnya.

Tahrir berharap agar program unggulan di SMP Terpadu Ponpes Nurul Huda Tanah Merah terus memberikan dampak positif di masa depan. “Sebagai bentuk keseriusan kami, rencananya akan menambah program ekstrakurikuler untuk memfasilitasi bakat minat siswa lebih lanjut, sesuai dengan kebutuhan peserta didik,” tutupnya. (nurul/NHMC).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *